Tips Menggunakan Power Bank Agar Lebih Awet

Power bank telah menjadi teman wajib smartphone atau gadget mengingat penggunaan aplikasi di dalamnya terkenal boros daya. Smartphone menjadi barang wajib yang harus dibawa kemanapun saat beraktivitas. Tak heran, walaupun smartphone sudah dicas hingga 100%, saat harus beraktivitas di kantor atau sekolah yang bisa seharian, 100% tersebut bisa habis hanya dalam beberapa jam saja.

tips menggunakan power bank agar lebih awet

Oleh karena itu, Power bank hadir menjadi solusi pengecasan ulang kapanpun dan dimanapun. Tapi karena kurangnya pengetahuan pengguna smartphone, power bank menjadi mudah rusak. Agar power bank bisa tahan lama, pengguna gadget harus mengetahui tips menggunakan power bank yang baik dan benar dengan cara memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Baca juga : Tips Memakai Power Bank Agar Tidak Cepat Drop

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Penggunaan Power Bank

  1. Cara Pengisian

Tips menggunakan Power Bank yang pertama adalah dengan melakukan cara pengisian power bank yang tepat. Cara pengisian PB yang tidak tepat bisa memperpendek umur power bank. Pertama, Anda harus men-charge power bank saat dayanya sudah di bawah 15% jangan men-charge power bank saat 20% atau lebih karena keseringan men-charge tidak bagus. Kedua, Anda harus men-charge power bank hingga dayanya benar-benar penuh 100% agar kinerjanya dapat optimal. Ketiga, hentikan pengisian power bank saat indikatornya sudah menyala. Oleh karena itu, Anda harus membeli power bank yang sudah dilengkapi teknologi indikator terbaru yaitu indikator LED.  Power bank yang sudah dilengkapi fitur ini adalah Powerbank Vivan Robot RT6800 yang dijual murah seharga Rp 150.000.

  1. Suhu

Tips menggunakan Power Bank berikutnya adalah memperhatikan suhu penyimpanan PB. Anda harus menghindari suhu yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Jangan simpan PB di tempat yang lembab bahkan mudah terkena air. Tetapi jangan juga simpan PB di tempat yang mudah terkena sinar matahari langsung. Jadi tempat penyimpanan yang paling tepat untuk PB adalah tempat yang memiliki suhu ruangan.  Jika memang terpaksa harus diletakkan di tempat yang terlalu dingin atau panas, gunakan case khusus PB. Jika tidak, power bank tidak akan awet karena komponen-komponen di dalamnya sudah rusak.

  1. Waktu Pengisian

Memperhatikan waktu pengisian juga menjadi salah satu tips menggunakan power bank. Waktu pengisian daya power bank yang berbeda pada awal pembelian Power Bank menjadi tanda kerusakan yang sedang terjadi di Power Bank. Contohnya, jika pada awal pembelian, power bank akan terisi penuh 100% dalam waktu 8 jam, tetapi sekarang hanya perlu waktu 3-5 jam saja untuk mengisi daya PB penuh 100%, ini menandakan adanya kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan PB yang waktu pengisiannya tergolong cepat. Powerbank Vivan Robot RT6800 hanya memerlukan waktu pengecasan selama 4 jam saja untuk mendapatkan daya penuh 100%.

  1. Penggunaan Aplikasi

Terkadang karena kurangnya pengetahuan, pengguna gadget men-charge smartphonenya pada power bank dengan tetap menjalankan beberapa aplikasi berat seperti game misalnya. Hal ini akan membuat PB mengeluarkan tenaga 2 x lipat yang bisa membuatnya cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya smartphone tetap dimatikan saat sedang melakukan charge dengan power bank. Namun, jika tidak bisa, Anda hanya boleh membuka aplikasi ringan saja.

Demikianlah informasi mengenai tips menggunakan power bank agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Power bank memang barang pelengkap smartphone tetapi perannya sangat besar jadi harus digunakan dengan baik. Jika Anda tertarik membeli Powerbank Vivan Robot RT6800 di tokonanopowerbank.com. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menginspirasi pengguna gadget untuk lebih menggunakan PB dengan baik. Salam Gadget.

Invite BBMChat WA